usai 9 orang Demonstran Tewas, Warga Myanmar Kembali Turun ke Jalan

usai 9 orang Demonstran Tewas, Warga Myanmar Kembali Turun ke Jalan

SuaraHebat.co.id, Jakarta - Demonstran anti-kudeta Myanmar kembali turun ke jalan pada Senin (22/3), sehari setelah setidaknya sembilan pedemo tewas dalam unjuk rasa akhir pekan.

AFP melaporkan bahwa sejumlah demonstran sudah terlihat di beberapa bagian wilayah Yangon sejak Senin pagi.

Menjelang siang, demonstran juga mulai terlihat turun ke ruas-ruas jalan di Mandalay. Beberapa di antara mereka membawa plakat berisi seruan agar Perserikatan Bangsa-Bangsa mengintervensi krisis di Myanmar.
Mandalay merupakan salah satu daerah dengan dampak demonstrasi paling parah. Sepanjang Minggu saja, setidaknya delapan orang tewas akibat bentrok dengan aparat selama unjuk rasa.

Di hari yang sama, satu orang lainnya tewas dalam bentrokan dengan aparat keamanan ketika demonstrasi di Kota Monywa memanas.

Gelombang pemberontakan sipil terhadap junta-militer terus meluas di Myanmar sejak kudeta berlangsung pada 1 Februari lalu. Aparat keamanan pun semakin brutal menindak para demonstran.
Komisi Tinggi HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan sampai saat ini lebih dari 200 orang tewas dalam bentrokan antara aparat keamanan Myanmar dan pedemo sejak kudeta.

Selain korban tewas, setidaknya ada 2.400 orang yang ditahan junta militer Myanmar.(rls)

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait