Final Euro, Italia Kalahkan Inggris Lewat Adu Penalti

SUARAHEBAT.CO.ID | JAKARTA -- Gelaran Euro 2020 / 2021 akhirnya rampung pada Senin (12/7/2021) dinihari WIB. Italia keluar sebagai juara usai mengalahkan Inggris di final yang digelar di Stadion Wembley.

Italia menjadi juara setelah menang adu penalti. Gli Azzurri sempat tertinggal lebih dulu di menit kedua lewat Luke Shaw. Baru di babak kedua Italia menyamakannya lewat Leonardo Bonucci.

Pada adu penalti, kiper Gianluigi Donnarumma jadi pahlawan Italia. Donnarumma menepis dua algojo Inggris, Jadon Sancho dan Bukayo Saka.

Ini menjadi gelar kedua Euro kedua bagi Italia. Namun negeri Pizza sudah lama sekali tak juara Piala Eropa. Gelar pertama dan terakhir Italia didapat tahun 1968.

Italia mengalami mimpi buruk di dua laga final sebelumnya. Italia kalah 0-4 dari Spanyol pada Euro 2012. Di tahun 2000, Italia takluk 1-2 dari Prancis lewat golden gol David Trezeguet.

Namun pada piala euro ini Negara Italia menjadi Juara dengan membawa pulang piala euro yang diperebutkan oleh club bola dunia tersebut. Pertandingan bergengsi dunia tersebut dilaksanakan di Stadion Wembley London. Adapun Italia melenggang ke final setelah mengalahkan Spanyol 4-2 dalam adu penalti.

Pada babak ini, Mancini mengaku memberikan kredit untuk anak asuhannya yang telah berjuang hingga titik darah penghabisan.

"Para pemain luar biasa, saya tidak tahu harus berkata apa lagi. Ini penting untuk semua orang dan penggemar.” pungkas Mancini.

Gelar ini menjadi yang kedua untuk Italia setelah menjuarai EURO 1968. Mereka harus menunggu selama 53 tahun untuk kembali membawa trofi ini pulang ke Roma, Italia.

Penantian panjang ini sekaligus mengusir rasa penasaran mereka di tahun 2000 dan 2012 usai hanya menjadi runner up.

Pada 2000 lalu Italia takluk dari Prancis 1-2 dan di edisi Euro 2012 mereka hancur lebur di final usai takluk 0-4 dari Spanyol.

Dengan kemenangan ini, Mancini mengaku puas dan ingin merayakan bersama para pendukung di Italia

"Kami senang bisa bermain bagus saat memenangkan pertandingan. Saya harap para pendukung merayakannya sekarang.” Imbuhnya.

Italia berhasil juara dengan berhasil meraih tujuh kemenangan dari tujuh pertandingan. Selama gelaran ini, gawang Donnarumma hanya kebobolan empat gol saja.

Tidak hanya itu, Italia berhasil mencetak 13 gol dan menjadi raihan terbanyak mereka selama mengikuti Euro dan Piala Dunia.(*)

Editor : Fahrin Waruwu

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait