Budiman DPRD Rohul, Soroti PAB Diminta Dipisahkan Dari Disperkim

SUARAHEBAT.CO.ID | ROKAN HULU  - Anggota DPRD Rokan Hulu (Rohul)  Budiman menilai Pengelolaan Air Bersih (PAB) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD), Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tidak jelas dan tidak baik. Sehingga perlu dilakukan evaluasi, masyarakat pelanggan mengeluh, ada airnya yang keruh dan sering airnya tidak jalan bahkan hampir tiap hari ada saja keluhan warga.

Terkait hal ini, lanjut Anggota DPRD Fraksi Gerindra, sesuai pembahasan DPRD dengan Badan Anggaran (Banggar) supaya PAB dipisahkan dari Disperkim Kabupaten Rokan Hulu.

Menurutnya, PAB bila dikelola Pihak lain atau dibuat badan tersendiri dalam pengelolaan nya, diharapkan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemajuan di Daerah Negeri Seribu Suluk tersebut

"Seharusnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari PAB di Rohul ini sangat lah besar dengan pelanggan yang banyak di 16 Kecamatan Kabupaten Rokan Hulu. Jadi Pemerintah harus mengkaji untuk dikelola dengan badan tersendiri, tidak lagi dibawa Disperkim," jelas Anggota DPRD Rohul Budiman kepada group media ini Rabu, (6/10/2021).

Masih Budiman menambahkan, di era yang sudah maju ini seharusnya Sumber Daya Manusia (SDM) nya lebih inovatif siap berkontribusi untuk kemajuan PAB
di Rokan Hulu, karena PAB ini usahanya jelas pelanggannya jelas. Suatu yang sangat menarik jika pengelolaanya baik.

"Berharap kedepan  terjadinya perubahan, sehingga masarakat puas akan pelayanan PAB tersebut. jangan tersinggung dan dijadikan kritikan untuk berkecil hati tapi dijadikan motivasi buat lebih maju," tandas Anggota DPRD Rohul Budiman.

Untuk diketahui, Air bersih adalah salah satu jenis sumber daya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktivitas dan kebutuhan utama sehari-hari.

Sementara itu, 16 Kecamatan di  Kabupaten Rohul, saat ini sudah semua ada Unit Pengelolaan Air Bersih (UPAB), dengan dana APBN Puluhan Miliar dari Balai Teknologi Air Minum Kementrian PUPR RI untuk bisa dikelola dengan baik dan sehat.

"Dalam pengelollaan PAB, sepertinya kurang terkelola dengan baik. Banyak pelanggan mengeluh. Banyak orang mau masuk jadi pelanggan susah, Pelayanan jelek," beber Budiman.

Kemudian, dari hasil investigasi media ini, dibeberapa tempat di wilayah Kecamatan Rambah, di Pasir Putih Timur, Desa Pematang Berangan, padahal dekat dengan PAB namun banyak rumah tak ada teraliri air bersih. Hal yang sama di wilayah Pasar Senin Desa Koto Tinggi  juga hal yang sama banyak warga belum memanfaatkan air bersih dari PAB yang dibiayai APBN yang sudah bertahun tahun tersebut.

Sementara itu Kadisperkim Pemkab Rohul melalui Kepala UPTD PAB Disperkim Rohul Frans Yadi Simamora mengakui PAB di Rohul mengalami kendala, ada bocor pipa yang ditanam dijalan seperti di jalan lingkar saat ini, bila hujan turun air jadi keruh, namun pihak tetap melakukan perbaikan dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat pelanggan.

Terkait, usulan Anggota DPRD Rohul Budiman, kalau PAB dikelola dengan dibuat badan tersendiri tidak lagi dibawah Disperkim, yang akrab disapa Frans akuinya sangat mendukung, kerana hal tersebut lebih baik untuk kemajuan Rokan Hulu dalam peningkatan PAD kedepan.

"Saya sangat mendukung masukan Bapak DPRD Rohul Budiman bang, karena kalau dikelola oleh badan tersendiri PAB ini, dipastikan akan lebih baik, kita mendorong usulannya untuk ditindaklanjuti," sebut Frans yang sudah berpengalaman lama di Bidang Air Bersih ini.

Ia mengatakan, pelanggan atau masyarakat yang sudah mendaftar di Unit dan UPTD PAB se Kabupaten Rohul, saat ini sebanyak kurang lebih 5000 rumah dan Pihaknya sudah menyetor Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Tahun 2020 lalu sebesar Rp 2 Milyar lebih dari Target juga diatas Rp 2 Milyar.

"Untuk target kita PAD di Tahun 2021 ini, sama dari Tahun 2020 lalu. Namun kita tetap berupaya untuk peningkatan, kalau nanti optimal di dua unit PAB di Kecamatan Kepenuhan Hulu dan Bonai Darussalam yang sedang dikerjakan saat ini,"kata Kepala UPTD Pengelola Air Bersih  Dinas Perkim Pemkab Rohul.(Media SHI Group)

Editor Fahrin Waruwu

Komentar Via Facebook :