Benny Sekretaris Pertanian Setujui Harga Sewa Pakai Alsintan Yang Mencekik Petani

BOLTIM, suarahebat.co.id - Terkait sewa pakai alsintan yang dikeluhkan warga, Karna ada dugaan pungli, benny mokoginta sekertaris dinas pertanian boltim berkilah.

Diberitakan sebelumnya, bahwa nominal harga sewa pakai alat dan mesin pertanian (Alsintan) sebesar 1,5juta perhektare, membuat para petani terasa seperti di cekik.

Saat di temui Erman Harirustam Mokodompit selaku  kepala bidang (Kabid) pertanian pada 14 October 2021 bulan lalu,oleh beberapa awak media menjelaskan, "penyewahan alsintan jenis traktor, kalau dari dinas sesuai perbup hanya sekitar 300ribu per hektare untuk biayaya perawatan nya. Dan untuk BBM juga operator nya mereka petani yang tanggung".Jelas Erman

Hal yang sama juga di sampaikan oleh mat Sunardi kepala dinas pertanian.

"Guna alsintan ini untuk membantu meringankan petani dalam mengelola kebun, dan itu sudah di atur dalam peraturan bupati (perbup)  nomor 33 tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengunaan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan),tapi kalau sudah eror seperti ini, nanti saya panggil operator nya"Pungkas Sunardi 14 October 2021

Berbeda dengan apa yang di sampaikan oleh sekertaris pertanian Benny mokoginta.

Benny justru mendukung serta membenarkan, besaran jumlah sewa pakai alsintan yang sebelum nya di keluhkan warga.

Menurut Benny, total sewa pakai alsintan sebesar 1.5juta itu suda benar. Dan itu bukan pungli,tidak ada pungli di pertanian dan 1,5juta itu sesuai juknisnya,menurut Benny 1,5juta itu kecil kata benny 24 November 2021.
 
Padahal, dalam juknis Kementrian pertanian (Kementan) yang di dapat dari dinas pertanian itu sendiri, total sewa pakai alsintan jenis trektor roda empat (TR4) itu hanya 900ribu/hektar  selama tiga hari dan itu sudah termasuk BBM beserta operatornya.

(Dons)

Tags :Sulut Boltim
Komentar Via Facebook :