Benny sebut petani "Bodoh" Yang Mengeluh Harga Sewa Alsintan

 

BOLTIM, suarahebat.co.id - Sekertaris Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Beni Mokoginta punya tanggapan menarik ditengah seriusnya kepala Distanak berupaya mencari solusi untuk keluhan warga, harga Sewa alsintan  yang dianggap mahal guna mendorong pruduktivitas hasil pertanian.
24 November 2021

Menurut Beni, warga yang mengeluhkan mahalnya Harga sewa Alsintan Itu "Bodoh".

"Terkait sewa Alsintan, itu sudah sesuai dengan juknis,  nyanda modatang sini kong batanya,"tegasnya.

Yang perlu warga Petani pengguna Alsintan datang tanyakan lansung ke Dinas, adalah juknis Penggunaan Alsintan.

Biaya pemeliharaan, sewa Operator dan BBM yang sudah diatur dalam juknis.

"Jadi murahnya harga sewa alsintan dapat diukur lewat, item pekerjaannya, mulai dari pembersihan lahan, dibajak dan rotari, menurut kita dia p harga kacili skali, sedang kita batanam milu di TKT kita sewa orang mamaras 1,6 Jt sementara  juknis sewa alsintan hanya 1,5 jt/Ha," tandas Sek Distanak yang menganggap pendapatannya sama dengan petani.

Namun sangat disayangkan, Seorang Pejabat Publik, harus mengeluarkan pernyatan yang tidak etis  di hadapan  beberapa wartawan di ruang kerjanya,
Yang mengaggap 'Bodoh' warga yang keberatan dengan harga sewa Alsintan.

Beni Yang mengungkit dan mempersoalkan keluhan warga terkait berita yang sempat beredar tentang dugaan pungli harga sewa alsintan.

Padahal beberapa wartawan yang hadir saat itu hanya ingin meminta tanggapan Sekertaris pertanian, terkait kegiatan penyerahan Alsintan Kelompok. 

Padahal berita waktu itu yang di konfirmasi dan memberikan tanggapan adalah Kadis sendiri, bukan Seknya.

 "Yang kita ambil hanya biaya perawatan alsintan, terkait dengan operator itu lansung dibayarkan oleh pekerja(petani).
Dugaan  harga sewa "mencekik" kalau bisa itu diselidiki lagi, jangan sampai ada oknum operator tanpa sepengetahuan Dinas melakukan tindakan lain". Ungkap Mat Sunardi dengan Ramah, ketika di mintai keterangan waktu itu.

Kepada salah satu Pegawai Distanak wartawan meminta data tentang juknis Perbup Alsintan, ternyata isinya tidak sama dengan keterangan Beni Mokoginta.

(Dons)

Tags :Sulut Boltim
Komentar Via Facebook :